Harga hand sanitizer melonjak tinggi dipasaran dikarenakan stok yang terbatas, banyak produsen baru berbondong-bondong memproduksinya, imbasnya stok hand sanitizer kini melimpah, konsumen dibuat bingung saking banyaknya pilihan. Persaingan bisnis pun terjadi, ada yang memasang harga sangat murah, sampai yang mahal.

Pertanyaannya, kenapa dipasaran harga hand sanitizer bisa bervariasi dari setiap produsen, padahal bahan baku sudah jelas mengikuti standar yang ditetapkan WHO, dan yang membuat pertanyaan besar, mengapa ada produk hand sanitizer dengan harga yang SANGAT MURAH dari produk serupa lainnya.

Terkait hal ini, kami mencoba melakukan penelusuran mendalam, dan menemukan fakta yang WAJIB Anda ketahui.

FDA memperingatkan ada produk hand sanitizer yang beracun

Seperti dikutip dari Time, lembaga administrasi makanan dan obat-obatan asal Amerika Serikat ini merilis daftar merek produk yang disinyalir menggunakan bahan dasar yang menyalahi rekomendasi WHO.

Dalam sebuah pernyataan yang kami kutip dari Time, FDA mengatakan telah mengidentifikasi hand sanitizer yang beracun berikut:

  • All-Clean Hand Sanitizer (NDC: 74589-002-01)
  • Esk Biochem Hand Sanitizer (NDC: 74589-007-01)
  • CleanCare NoGerm Pembersih Tangan Tingkat Lanjut 75% Alkohol (NDC: 74589-008-04)
  • Lavar 70 Gel Hand Sanitizer (NDC: 74589-006-01)
  • The Good Gel Antibacterial Gel Hand Sanitizer (NDC: 74589-010-10)
  • CleanCare NoGerm Pembersih Tangan Tingkat Lanjut 80% Alkohol (NDC: 74589-005-03)
  • CleanCare NoGerm Pembersih Tangan Tingkat Lanjut 75% Alkohol (NDC: 74589-009-01)
  • CleanCare NoGerm Pembersih Tangan Tingkat Lanjut 80% Alkohol (NDC: 74589-003-01)
  • Saniderm Advanced Hand Sanitizer (NDC: 74589-001-01)

FDA mengatakan telah menguji daftar hand sanitizer tersebut dan menemukan terdapat kandungan Metanol. Dan meskipun Metanol termasuk alkohol, namun merupakan bahan dasar yang dilarang.

Itu kan produk di Amerika Serikat? Apakah mungkin di Indonesia juga ada yang menyalahi aturan penggunaan bahan tersebut.

Nah, disinilah Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) berperan untuk memantau, menganjurkan masyarakat untuk membeli hand sanitizer yang telah memiliki izin edar dari Kemenkes RI.

Metanol menimbulkan kebutaan permanen

Perlu diketahui Metanol, atau dikenal sebagai alkohol kayu, bukan bahan yang dianjurkan untuk pembuatan hand sanitizer dikarena efek toksiknya.

Jika Anda telah terpapar sanitizer berbahan dasar tersebut, FDA merekomendasikan untuk mencari pengobatan segera. FDA menambahkan informasi mengenai efek samping yang ditimbulkan karena keracunan Metanol ini, seperti mual, muntah, sakit kepala, penglihatan kabur, kebutaan permanen, kejang, koma, kerusakan permanen pada sistem saraf atau kematian.

Jangan tergiur harga hand sanitizer yang sangat murah

Kami rasa, peringatan FDA tersebut, juga berlaku di seluruh dunia, mengingat pandemi ini terjadi secara global. Dan kita harus mewaspadai dan lebih teliti dalam memilih hand sanitizer.

Harga bahan dasar tentunya akan mempengaruhi harga jualnya, ini menjawab pertanyaan mengapa harga untuk produk hand sanitizer bervariasi.

Kami melakukan riset harga melalui beberapa online marketplace seperti Tokopedia, Shopee dsb, dan menemukan bahwa harga Metanol memang sangat murah ketimbang Etanol ataupun Isopropyl Alcohol yang direkomendasikan WHO, harga Metanol berkisar 10-20rb per 1 liter, sedangkan Etanol mulai harga 90rb per 1 liternya.

Hand Sanitizer yang Aman

Tentu syarat hand sanitizer yang aman adalah yang telah memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan RI, karena pada proses pengajuan izin tersebut, produk melalui serangkaian pengujian.

Dan dari sini, kita pun mendapat gambaran mengapa harga bisa menentukan kualitas. Anggap saja kita membayar pengujian tersebut yang dilakukan Kemenkes RI, sebelum kita menggunakan hand sanitizer untuk tangan kita. Sehingga kita merasa aman dan terjamin.

Ezzer Hand Sanitizer

Kami merupakan salah satu produsen yang memproduksi hand sanitizer, dengan mengedepankan kualitas. Telah memiliki izin edar Kemenkes RI, dan produk telah melewati banyak pengujian klinis.

Formulasi mengikuti rekomendasi WHO, menggunakan konsentrasi Etanol hingga 75% juga kami melakukan peningkatan kualitas, menambahkan vitamin E yang menjadikan produk Ezzer Hand Sanitizer tidak hanya ampuh membasmi kuman, namun juga seperti halnya kosmetik, membuat kulit tetap sehat.

Kami benar-benar peduli dengan kebutuhan Anda, harga hand sanitizer kami sebanding dengan manfaat yang kami tawarkan, sebuah produk yang berkualitas, mudah dipakai dan terbukti ampuh membasmi kuman dan virus, serta memiliki manfaat baik lain untuk kulit Anda, kami akan selalu ada untuk menemani Anda dalam melewati masa-masa sulit seperti pandemi saat ini.

Okky

Leave a Reply