4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Cat Tahan Panas‎

cat tahan panas

Artikel ini akan memberi Anda 4 hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum memilih cat tahan panas untuk proyek Anda.

1. Rentang Suhu

Saat memilih cat tahan panas, rentang suhu pengoperasian harus menjadi pertimbangan pertama. Pada suhu yang lebih rendah (di bawah 200 ° C), komposisi berupa bahan organik dapat dimanfaatkan.

Memanfaatkan bahan organik bersama bahan anorganik sebagai Hi-Temp Paint atau cat tahan panas dapat memberikan banyak manfaat.

Misal, saat finishing, tidak diperlukan prosedur heat cure atau proses curing menggunakan panas. Namun jika rentang suhu di atas 200 ° C, bahan organik tidak dapat diandalkan karena akan mudah terurai. Karena alasan ini, bahan anorganik sangat diandalkan.

Bahan anorganik seperti silikon dan keramik memungkinkan tahan suhu yang ekstrem. Namun, ketahanan suhu yang ekstrem itu harus dibayar mahal.

Cat tahan panas yang menggunakan bahan anorganik umumnya membutuhkan curing menggunakan panas (heat cure).

2. Karakteristik Aplikasi

Karakteristik aplikasi harus menjadi pertimbangan utama ketika memilih cat tahan panas.

Hi-Temp Paint berfilm tipis (DFT 0,5-1,5 mil) banyak dipakai untuk alasan fleksibilitas pada suhu tinggi tanpa khawatir retak.

3. Lingkungan kerja

Pertimbangan utama lainnya adalah lingkungan atau environment. Lingkungan atau environment bisa dikategorikan menjadi 3 kelompok: indoor, light outdoor, dan heavy outdoor.

Indoor Pilihan coating kelas ringan akan cocok dengan sebagian besar lingkungan kategori indoor. Heat cure atau pengeringan dengan bantuan panas tidak diperlukan.

Light Outdoor Pilihan coating kelas menengah diperlukan di kategori lingkungan ini, untuk mengakomodir ketahanan lapisan coating terhadap sinar UV, dan terpaan air hujan. Memilih coating dengan kisaran suhu optimal menjadi sangat penting ketika berhadapan dengan cuaca .

Heavy Outdoor Lingkungan ini akan membutuhkan coating kelas industri berat. Salah satu contoh dapat ditemukan dalam industri otomotif. Banyak
Hi-Temp Paint digunakan industri otomotif seperti coating untuk sistem pembuangan, atau blok mesin dimana membutuhkan kinerja ketahanan panas tingkat industri.

Persyaratan ketat juga ditemukan di fasilitas pemrosesan dan pemurnian bahan kimia yang besar.

Dalam fasilitas ini, pelapis suhu tinggi industri digunakan, misal tempat pembakaran (kiln), dan di bawah isolasi (CUI). Korosi di bawah isolasi (CUI) dapat menimbulkan ancaman besar bagi pipa baja yang mendasarinya.

4. Estetika

Hal terakhir yang harus dipertimbangkan ketika memilih cat tahan panas adalah faktor estetika.

Stabilitas warna dalam Hi-Temp Paint dapat sangat bervariasi di antara produsen. Memilih cat tahan panas yang tepat tidak hanya berdasarkan ketahanan suhu yang dapat dicapai, tetapi warna yang stabil dalam berbagai rentang suhu itu penting karena beberapa alasan.

Singkatnya, peralatan yang dicat dengan warna tertentu harus bertahan dalam warna tersebut.

Itu juga dapat meningkatkan keamanan. Pipa panas berkode warna di kilang dan fasilitas pemrosesan bahan kimia harus menjaga ketahanan warnanya. 

Warna cat dapat menandakan suhu pipa, atau muatan di dalam. Untuk alasan ini, memilih cat tahan panas yang stabil menjadi suatu keharusan.

Produk cat tahan panas terbaik

Ezzer 781 Heat Resistant Paint, merupakan cat tahan panas yang dipakai pada peralatan-peralatan yang temperaturnya tinggi s/d 1.000°C. Tersedia warna silver dan hitam, untuk temperatur di bawah 200°C juga tersedia warna merah, hitam dan abu-abu. Untuk media dasar disarankan memakai primer terlebih dahulu (dijual terpisah dengan part number Ezzer 781P)

Terima kasih telah membaca blog kami. Pastikan untuk mengunjungi blog kami kembali secara teratur untuk mendapatkan lebih banyak informasi untuk cat pelapis suhu tinggi.

Hubungi kami hari ini untuk memulai proyek cat tahan panas Anda.