Tips Penting, Cara Memilih Kontraktor Epoxy Lantai

Ikhtisar
  • Penting untuk tahu dasar-dasar epoxy coating sebagai bekal menentukan kontraktor epoxy lantai yang tepat.
  • Periksa reputasi kontraktor epoxy lantai melalui website maupun review di Internet
  • Periksa hasil kerja atau portofolio kontraktor epoxy lantai
  • Ketahui produk cat epoxy apa yang mereka gunakan

Artikel ini ditujukan bagi Anda yang memiliki rencana untuk menggunakan jasa kontraktor epoxy coating lantai untuk lantai di fasilitas Anda, dalam situasi Anda tidak yakin bagaimana cara memilih kontraktor atau aplikator yang tepat. Anda tentunya ingin mendapatkan penawaran terbaik mereka, tapi apa yang perlu Anda tanyakan terkait jasa yang ditawarkan kontraktor epoxy coating? Bagaimana Anda tahu kontraktor mana yang dapat dipercaya?

Coating lantai termasuk pekerjaan yang beresiko tinggi, pengaplikasian epoxy membutuhkan tangan-tangan ahli untuk menghasilkan karya terbaik dalam pengaplikasian. Seringnya produsen cat epoxy mengadakan program pelatihan singkat untuk para calon aplikator epoxy, mengajarkan mereka segala sesuatu yang mereka perlu ketahui terkait cara pengaplikasi epoxy. Dengan bekal pelatihan singkatnya, terkadang mereka menggembar-gemborkan diri sebagai ahli dalam industri saat menjual produk cat epoxy. Banyak pula oknum yang kurang bertanggungjawab ketika ada kendala teknis saat pengaplikasian.

Lalu bagaimana menghindari oknum tidak bertanggungjawab ini? Bagaimana cara memilih kontraktor epoxy lantai? Maka sampai disini, Anda akan perlu tahu dasar-dasar epoxy coating lalu Anda perlu tahu jenis epoxy lantai yang ingin Anda aplikasikan.

Lalu apa yang perlu Anda persiapkan, pertanyaan apa yang perlu Anda ajukan saat bertemu kontraktor. Simak tips berikut.

1. Pelajari dulu dasar-dasar epoxy coating

Betul. Kunci utamanya adalah tahu dasarnya, tahu tentang epoxy coating lantai, tak perlu detil tapi cukup wawasan dasarnya. Anda perlu tahu tentang jenis epoxy coating yang terbaik untuk Anda. Mulailah dengan belajar perbedaan antara epoxy. Apakah Anda ingin lantai warna solid atau dengan dekorasi? Apakah Anda memerlukan anti-slip aditif ? Apa jenis top coat yang terbaik untuk Anda?

Jika Anda sudah melakukannya – fantastis, Anda selangkah lebih maju. Jika tidak, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Kami sarankan Anda mulai dari artikel rekomendasi pada bagian bawah halaman ini, untuk mempelajari segala hal terkait epoxy coating lantai.

Riset akan membantu dalam proses seleksi awal, Anda dapat menelpon atau memeriksa sang kontraktor melalui websitenya.

Jika Anda masih tidak yakin tentang apa sistem lantai yang Anda inginkan, itu tidak masalah. Setidaknya Anda memiliki pemahaman dasar tentang perbedaan yang akan membantu dalam mengajukan pertanyaan yang tepat dari kontraktor untuk membuat keputusan.

2. Periksa reputasi kontraktor atau aplikator epoxy

Kontraktor epoxy lantai, biasanya memiliki website yang akan memudahkan Anda untuk melihat portofolio mereka.

3. Meminta mereka menunjukkan portofolio saat bertemu langsung

Bagi kontraktor epoxy lantai yang profesional, mereka akan sangat senang menunjukkan portofolio kerjanya. Jika mereka tidak dapat menunjukkan portofolio dan beralasan mereka tidak ingin repot-repot menyimpan histori pelanggan atau tidak menyimpan informasi seperti itu untuk diperbarui, maka itu adalah indikasi bahwa mereka memiliki rekam jejak yang tidak baik.

4. Sudah berapa lama mereka berada di bisnis ini

Ini adalah hal yang seringkali terabaikan kebanyakan orang. Jika kontraktor jasa epoxy coating lantai telah berada dalam bisnis ini selama 5 tahun atau lebih, ini adalah indikasi yang baik Anda berurusan dengan sebuah perusahaan terkemuka.

Jangan tergesa-gesa memutuskan memilih kontraktor yang baru seumur jagung, jangan tergiur harga murah yang ditawarkan.

5. Biaya yang masuk akal

Perlu diingat bahwa Anda akan mendapatkan apa yang Anda bayar di jasa epoxy coating lantai. Kami menjamin bahwa jika Anda mencari harga termurah, maka itulah yang akan Anda dapatkan – murah juga kualitas pelapis lantainya. Apa yang seharusnya Anda lakukan adalah membandingkan kualitas sistem lantai yang ditawarkan dan kemudian memutuskan harga terbaik.

6. Kontrak dan garansi harus secara tertulis

Jasa kontraktor epoxy coating lantai terkemuka akan menulis kontrak dan garansi yang mereka berikan. Jangan mengandalkan jabat tangan atau kesepakatan verbal.

Pastikan kontrak menyatakan apa bahan dan jenis sistem coating yang akan diaplikasikan pada lantai Anda. Kadang-kadang Anda dapat meminta dalam kontrak untuk menyertakan estimasi tanggal penyelesaian pekerjaan juga jika Anda berada di bawah kendala waktu.

Baca kontrak secara cermat, terutama terkait untuk garansi yang diberikan.

7. Jenis epoxy apa yang mereka tawarkan

Kontraktor epoxy lantai dengan reputasi baik umumnya akan menawarkan beberapa jenis epoxy lantai yang berbeda tergantung pada anggaran dan kebutuhan. Kebanyakan mereka akan menyajikan dalam pilihan baik, lebih baik, jenis terbaik.

8. Tanyakan tentang ‘merk cat epoxy lantai’ yang digunakan

Kontraktor epoxy lantai harus memiliki pengetahuan tentang produk yang mereka gunakan. Anda perlu tahu ‘merk cat epoxy lantai’ dan mintalah mereka menjelaskan mengapa mereka menggunakan merk cat epoxy lantai itu.

Mereka juga harus dapat memberitahu Anda seberapa tebal setiap lapisan yang diterapkan, dan apa isi padatan.

Waspadalah terhadap kontraktor epoxy lantai yang tidak dapat menjelaskan alasan mengapa mereka menggunakan ‘merk cat epoxy lantai’ yang dipakai.

9. Prosedur penyiapan lantai atau Surface Preparation

Pastikan untuk bertanya tentang prosedur penyiapan lantai yang dijalankan. Biasanya kontraktor epoxy lantai yang profesional akan selalu melakukan persiapan penyiapan lantai, seperti melakukan pembersihan kotoran yang menempel di lantai, mengelupas bekas cat epoxy lama, lalu membuka pori-pori beton secara mekanis bukan secara kimiawi menggunakan asam etsa. Jika ada kerusakan lantai, mereka akan menawarkan perbaikan retakan dengan mortar epoxy, dengan biaya tambahan tentunya.

Kesimpulan

Ketika ingin memilih kontraktor epoxy lantai yang tepat, kenali dulu dasar-dasar epoxy coating untuk menjadi wawasan dalam menyiapkan pertanyaan yang tepat, dan percaya insting Anda. Ingat, Anda akan berinvestasi dengan uang yang tidak sedikit, jadi jangan sampai rugi karena salah pilih kontraktor. (Okky)

Leave a Reply