Seputar Epoxy Primer

Seputar Epoxy Primer

Alasan harus menggunakan epoxy primer, adalah subjek yang sering diabaikan oleh pemilik fasilitas atau mereka yang berinvestasi dengan lapisan epoxy lantai. Faktanya, banyak orang tidak menyadari bahwa epoxy primer sebuah keharusan atau berpikir bahwa itu hanya biaya tambahan yang ditawarkan oleh produsen atau kontraktor epoxy lantai yang tidak perlu mereka pedulikan.

Epoxy primer memberikan banyak manfaat bagi aplikasi epoxy lantai, ada beberapa jenis yang diperuntukkan mengatasi masalah yang terkait dengan permukaan beton itu sendiri. Dengan pengecualian untuk produk ritel cat epoxy satu-lapis berharga murah, jika Anda ingin memastikan bahwa Anda mencapai daya rekat terbaik dan ketahanan lantai fasilitas Anda untuk tahun-tahun mendatang, maka Anda harus mempertimbangkan aplikasi epoxy primer untuk lantai Anda.

Manfaat dasar epoxy primer

Banyak manfaat yang dapat dirasakan dalam penggunaan epoxy primer untuk lantai fasilitas Anda. Berikut ini sekilas manfaat dari primer epoxy untuk menjadi wawasan Anda.

  • Lapisan primer, memberikan adhesi yang lebih baik karena mereka mampu menembus ke dalam substrat beton untuk membuat epoxy mengikat lebih baik.
  • Primer epoxy memberikan ikatan kimia yang lebih baik dari lapisan dasar epoxy yang lebih tebal, menghasilkan lapisan lantai fasilitas industri yang lebih tahan lama.
  • Primer epoxy membantu menghilangkan gelembung dan lubang kecil yang dapat terbentuk karena outgassing dari beton.
  • Primer epoxy juga membantu menambah ketebalan film kering, untuk mencapai ketebalan film kering yang lebih tinggi dan keseragaman lapisan, karena lapisan epoxy primer tidak meresap ke dalam beton.
  • Beberapa epoxy primer efektif dalam menyediakan penghalang kelembaban untuk lantai fasilitas yang memiliki masalah kelembaban ringan seperti pengkristalan.
  • Sebagian besar primer epoxy mentolerir kelembaban, dan bekerja dengan baik ketika diterapkan di daerah dengan kelembaban tinggi, atau beton yang belum sepenuhnya kering setelah dibersihkan.
  • Kelebihan khusus lain yang diunggulkan adalah epoxy primer digunakan untuk memblokir oli. Ini adalah epoxy primer berbasis pelarut yang dibuat untuk menutupi beton yang telah terkontaminasi oleh minyak dan tidak dapat sepenuhnya dibersihkan.

Cara kerja epoxy primer

Epoxy melekat pada beton dengan membentuk ikatan mekanis di dalam pori-pori permukaan. Inilah sebabnya mengapa aplikator epoxy lantai perlu melakukan surface preparation pada permukaan beton dengan baik.

Epoxy primer dirancang untuk menembus lebih dalam ke dalam pori-pori beton untuk mencapai ikatan mekanis yang lebih baik. Ini mengurangi kemungkinan delaminasi dari permukaan yang disiapkan dengan benar. Epoxy primer ini juga menghasilkan epoxy film yang lebih tipis atau tie coat yang lebih tebal dengan lapisan kimia. Proses ini menghasilkan ikatan yang lebih kuat dari lapisan dasar dan inilah mengapa sebagian besar kontraktor epoxy lantai selalu menggunakan epoxy primer.

Masalah seperti gelembung udara, kawah, dan bahkan lubang jarum dapat terjadi saat aplikasi epoxy ketika outgassing beton. Ini terjadi saat udara dalam lempengan beton naik karena kenaikan suhu atau perubahan kelembaban. Sangat mungkin terjadi selama aplikasi awal dan proses curing (pengeringan) dari epoxy padatan 100% ke permukaan beton, dapat membentuk gelembung ini, kawah, atau lubang jarum ketika udara lolos dari beton.

Sebagai catatan tambahan, gelembung ini juga bisa terjadi karena pencampuran epoxy yang buruk atau pengguliran roller yang tidak benar.

Karena epoxy film yang tipis, epoxy primer mengurangi kemungkinan gelembung dan lubang jarum terbentuk. Epoxy primer mengisi rongga yang dapat menahan udara dan mengurangi kemungkinan udara menemukan jalannya ke permukaan. Jika udara tidak menemukan jalan ke permukaan, gelembung biasanya akan muncul dan kemudian perlahan-lahan mengisi kembali sebelum dikeringkan karena viskositas rendah epoxy primer.

Terdapat jenis primer yang dapat sebagai penghalang uap untuk menangkal masalah yang terkait dengan kelembapan yang mencoba naik ke permukaan.

Sebagai oil stop

Bagi mereka yang mengira mereka tidak bisa melapisi lantai dengan epoxy karena lantai terkontaminasi minyak yang tidak bisa dihilangkan sama sekali, primer epoxy menjadi solusi. Beberapa produsen cat epoxy membuat primer oil stop yang berbasis solvent dan bekerja dengan secara aktif mengikat kontaminan minyak yang tertanam di beton.

Ini biasanya berwarna gelap, bagaimanapun, dan perlu ditutupi dengan lebih dari satu lapisan warna dasar. Jika tidak, warna yang lebih gelap dapat menembus dan mengubah lapisan warna.

Akankah pelapisan lantai epoxy Anda gagal tanpa primer? Tidak, jika Anda menyiapkan lantai Anda dengan benar, kemungkinan pelapisan Anda tidak akan gagal. Namun, dengan semua manfaat yang dapat diperoleh dari menggunakan primer epoxy, sulit membuat alasan untuk tidak mengaplikasikannya.

Jika Anda akan menghabiskan uang untuk kualitas komersial, maka gunakan lapisan primer. Ini akan membantu memberikan lapisan yang paling tahan lama dan bebas masalah yang dapat Anda miliki untuk fasilitas Anda dan investasi ini memberikan keuntungan besar untuk tahun-tahun mendatang.

Share This

Comments