Seputar Aditif Anti Slip

Seputar Aditif Anti Slip

Salah satu kekhawatiran utama tentang epoxy lantai atau cat pelapis lainnya, adalah seberapa licin saat kondisinya basah tergenang air. Karena lapisan lantai resin seperti epoxy, polyurethane dan polyurea tidak berpori, permukaan yang dibuat bisa sangat halus, hampir seperti film kaca. Mungkinkah bisa sangat licin? Perlukah aditif anti slip?

Ketika memutuskan kapan Anda membutuhkan aditif anti slip untuk lapisan epoxy lantai, salah satu hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah situasi fasilitas industri Anda. Jika fasilitas Anda kerap bersinggungan langsung dengan air, maka aditif anti slip untuk lantai layak dipertimbangkan. Jika sebaliknya, itu berarti Anda tidak memerlukan aditif anti slip ini.

Pertimbangan lain adalah bagaimana Anda berencana menggunakan lantai. Jika fasilitas industri Anda mengerjakan proyek-proyek yang dapat melibatkan cairan yang tumpah seperti oli, bahan kimia, atau cairan lainnya yang dapat menciptakan bahaya jatuh tergelincir, maka aditif anti slip akan membantu.

Jenis sistem pelapisan lantai yang Anda pasang bisa menjadi faktor juga. Menciptakan tekstur pada epoxy lantai akan dapat memberikan cengkeraman tambahan dalam lingkungan basah.

Fakta menarik seputar epoxy lantai

Fakta pertama bahwa lapisan akan mengembangkan muatan statis selama aplikasi dan proses curing yang akan berlangsung beberapa hari atau lebih. Muatan ini akan menarik semua partikel debu halus keluar dari udara untuk dikumpulkan di lantai dan membuatnya licin. Muatan ini akan hilang setelah beberapa saat dan masalah debu yang licin akan hilang.

Fakta kedua yang tidak banyak diketahui adalah bahwa lapisan lantai epoxy baru akan sangat halus (seperti kaca) setelah pemasangan awal yang dapat membuatnya licin saat basah. Setelah ada lalu lintas diatas permukaan lantai epoxy, goresan mikroskopis di permukaan akan muncul (ini tidak terlihat dalam banyak kasus) dan meningkatkan cengkeraman lantai.

Jika Anda tidak ingin menunggu sampai ada lalu lintas dan penggunaan normal untuk membuat goresan mikroskopis ini, maka Anda selalu dapat memicunya dengan membuat tekstur dengan buffing pad yang akan menciptakan cengkeraman yang lebih baik. Ini akan sedikit menghilangkan sebagian kilau lantai, tetapi tetap akan sangat memantulkan cahaya dan menjadi glosif daripada finishing matte.

Alternatif Aditif Anti Slip

Salah satu bahan yang dapat menciptakan permukaan anti slip yang sangat baik untuk lapisan epoxy adalah aditif aluminium oksida. Ini bekerja dengan baik untuk kebutuhan industri, dapat menciptakan cengkeraman maksimum atau cocok di kondisi lantai sangat licin.

Pilihan lain adalah penggunaan pasir silika halus. Ini bekerja paling baik ketika disebar di atas pelapis sebelum top coat. Top coat kemudian diaplikasikan di atas pasir silika halus untuk menciptakan permukaan bergelombang. Disarankan menggunakan top coat berwarna karena pasir silika ini akan jelas terlihat jika hanya menggunakan clear coat (bening).

Beberapa orang mengatakan bahwa permukaannya yang diberi pasir silika mirip dengan amplas halus dan itu membuat lebih sulit untuk mengepel.

Share This

Comments