Cegah Bahaya Listrik Statik di Pabrik

Cegah Bahaya Listrik Statik di Pabrik

Keselamatan merupakan faktor terpenting dalam proses bisnis apapun, entah itu bagi dunia industri maupun komersial. Terutama bagi industri, kekeliruan dalam pengambilan keputusan dapat sangat beresiko. Selain dapat merugikan personil juga peralatan elektronik mahal Anda. Kekeliruan yang kami maksudkan disini adalah ketika Anda memutuskan untuk tidak menggunakan pelindung bahaya listrik statik untuk fasilitas industri manufaktur elektronik Anda.

Mengapa listrik statik berbahaya?

Kebanyakan manufaktur industri elektronik melakukan pencegahan bahaya listrik statik ini dengan mewajibkan setiap personil memakai wearpack atau pakaian dengan bahan khusus yang katanya mampu menangkal listrik statik ini, lalu bagaimana Anda melindungi peralatan elektronik mahal Anda.

Kami mengembangkan teknologi untuk sistem lantai yang mampu mengurai listrik statik ini, cara kerjanya adalah mengalirkan muatan elektrostatik secara aman ke ground.

Sistem lantai ini akan melindungi perangkat elektronik dan karyawan dari bahaya listrik statik.

Apa itu listrik statik

Untuk memahami listrik statik ini, kita perlu sedikit mengenal tentang sifat materi. Kita tahu semua materi berawal dari atom, yang terdiri dari tiga jenis partikel yang lebih kecil: elektron bermuatan negatif, proton bermuatan positif, dan neutron yang netral.

Normalnya, elektron dan proton merupakan keseimbangan atom. Itulah mengapa kebanyakan materi yang Anda temui adalah listrik netral.

Meskipun elektron kecil, dan hampir tidak signifikan dalam hal massa, dengan cara menggosok atau gesekan dapat menarik keluar elektron. Sebagian energi kemudian meninggalkan atom-atom mereka dan melekat pada yang benda lain. Bermigrasi ke permukaan lain.

Ketika ini terjadi, objek pertama memiliki lebih banyak proton ketimbang elektron, dan objek menjadi bermuatan positif. Sedangkan jika objek yang memiliki lebih banyak elektron mengakumulasi muatan negatif. Situasi ini disebut ketidakseimbangan muatan, atau net charge separation atau pemisahan muatan bersih.

Tetapi alam cenderung menuju keseimbangan. Seperti ketika tubuh kita yang penuh terisi materi elektron, terjadi sentuhan dengan materi lain, elektron-elektron akan dapat secara bebas pergi kemanapun, sebagian ke objek bermuatan negatif sebagian lainnya ke muatan positif, dalam upaya mengembalikan ekuilibrium muatan netral.

Dan pergerakan cepat elektron ini disebut static discharge, itu yang kita kenali sebagai percikan tiba-tiba.

Epoxy Anti-statik

Jika fasilitas manufaktur Anda bergantung pada peralatan elektronik berteknologi tinggi, maka potensi masalah yang akan terjadi adalah kerusakan serius akibat listrik statis.

Anda mungkin pernah mengetahui istilah, “shock static” atau kejutan statis, shock static adalah situasi yang membahayakan bagi peralatan elektronik dan bahkan personil. Lebih berbahaya lagi apabila dalam ruangan terdapat cairan volatil (cairan yang mudah menguap), serbuk peledak atau gas, maka resiko besar seperti kebakaran sangat mungkin terjadi.

Sistem lantai epoxy anti-statik menawarkan perlindungan untuk fasilitas industri dengan lingkungan yang berbahaya atau eksplosif tersebut.

Epoxy Anti-statik, secara efektif mengarahkan listrik statis langsung ke bawah tanah. Dengan nilai resistansi listrik 104 – 106 Ohm (konduktif) dan 106 – 109 Ohm (Disipatif) dapat memperpanjang waktu tahanan anti statis.

Share This

Comments