13 Jenis Cat Epoxy Paling Populer Dunia

13 Jenis Cat Epoxy Paling Populer Dunia

Jenis cat lantai epoxy ternyata memiliki banyak pengembangan, selain yang kita kenal untuk melapis lantai beton agar tahan terhadap cairan kimia, ada pula jenis epoxy yang mampu mengurai listrik statik, dan jenis lain yang memiliki fungsi khusus untuk suatu kondisi tertentu.

Sementara itu dari industri ritel dan komersial pada umumnya, memanfaatkan keelokan epoxy lantai untuk menarik mata konsumen dan melirik brand mereka, seperti pada industri hospitality dan restoran, dan sebagian lagi mengambil manfaat teknologi tinggi dari epoxy untuk menekan pertumbuhan bakteri dan menjaga higienitas dapur.

Berikut ini, kami sajikan 13 jenis cat epoxy yang paling populer di dunia.

1. Epoxy Anti Statik

Jenis epoxy ini dikenal dengan teknologinya yang tinggi, dirancang khusus untuk anti atau mampu mengurai muatan listrik statis.

Biasanya diaplikasikan pada gedung atau lingkungan yang bebas listrik statis seperti laboratorium, rumah sakit dan pabrik peralatan elektronik.

2. Epoxy Gravel

Dikenal dengan ciri hasil permukaannya yang seperti ada batu kerikilnya.

Jenis cat epoxy lantai ala ‘batu kerikil’ adalah pilihan epoxy coating yang paling dekoratif. Ciri dari jenis epoxy ini khas, selain ada tekstur kerikil, seringkali finishing diberi bubuhan logo atau grafis lain.

3. Epoxy Mortar

Jenis epoxy yang dipakai untuk memperbaiki beton yang rusak. Kinerjanya sangat dikagumi, karena proses curing (pengeringan) yang singkat.

Epoxy mortar digunakan untuk memperbaiki beton sebelum pelapisan epoxy coating. Mungkin cukup familiar dalam dunia pekerjaan konstruksi, tapi ini beda ya dengan ‘Mortar Semen’, mortar pada semen hanya istilah untuk menyebutkan ‘adukan semen’.

4. Epoxy Self Leveling

Jenis cat epoxy lantai yang paling umum digunakan. Mampu menutup celah-celah kecil pada beton, sehingga membuat sama rata dengan permukaan lainnya.

5. Epoxy Self Dispersing

Jenis cat epoxy lantai yang dikenal karena kekuatan mekaniknya yang sangat baik.

Sifat mekanik didefinisikan sebagai ukuran kemampuan bahan untuk membawa atau menahan gaya atau tegangan. Jenis epoxy ini biasa diaplikasikan pada area yang sering dilalui forklift atau lalu lintas truk berat.

6. Epoxy Solvent-Based

Jenis cat epoxy lantai dengan pelarut yang berbahan solvent.

Karena pelarutnya solvent (seperti thinner) jenis epoxy coating ini memiliki ciri khas yakni bau yang cukup menyengat, namun memiliki hasil yang halus dan warna yang lebih cerah.

7. Epoxy Water-Based

Jenis cat epoxy lantai dengan pelarut yang berbahan air.

Pelarut ini direkomendasikan untuk industri pengolahan makanan, karena tidak menghasilkan bau menyengat seperti jenis solvent-based. Keuntungan lain adalah dengan pelarut berbahan dasar air, membuat viskositas atau kekentalan epoxy coating menjadi lebih rendah sehingga akan memudahkan proses kerja aplikator.

8. Epoxy Terrazzo

Jenis cat epoxy lantai yang memiliki dekorasi indah, cocok diaplikasi untuk mengejar estetika, biasa diaplikasikan pada area yang luas.

Biasanya jenis epoxy ini digunakan dalam gedung komersial, mengingat hasil akhir yang memanjakan mata.

9. Epoxy 100% Solid

Disebut juga epoxy padatan 100%

Angka 100 solid ini mengartikan hasil jadi (setelah cat kering) dari jenis cat epoxy ini adalah 100% epoxy murni tanpa bahan tambahan. Jenis ini diklaim paling kuat dan tahan lama.

10. Epoxy Vapor Barrier

Jenis epoxy ini dinamai Epoxy Vapor Barrier, sebagai kontrol uap, kemampuannya membuat permukaan lantai tidak dapat ditembus uap. Epoxy jenis ini biasanya diterapkan sebelum top coat seperti lembaran vinil, karpet atau lantai kayu.

11. Epoxy Flake

Mungkin lebih tepat disebut ‘gaya pengaplikasian’ ketimbang jenis cat epoxy, tujuannya membuat lapisan semakin dekoratif.

12. Epoxy Metal

Ternyata jenis epoxy bukan hanya diaplikasikan pada lantai, tapi juga untuk untuk bidang metal pada mesin yang kerap ‘bekerja keras’ seharian, seperti cooling tower.

13. Epoxy Curving

Curving adalah jenis lain dari pemanfaatan epoxy mortar sebagai wall system. Aplikasinya pada tepian dinding untuk menciptakan kurva, yang menyambung mulus antara dinding ke sistem lantai yang telah diterapkan. Ini bertujuan mencegah bakteri yang berasal dari dinding dan persimpangan lantai.

Sebetulnya mungkin masih banyak lagi jenis pengembangan teknologi dari cat epoxy ini, tapi akan kami sambung pada artikel mendatang. Berikan komentar untuk saran dari artikel ini.

Share This

Comments