Cat Epoxy Lantai

Cat Epoxy Lantai atau pelapis epoxy untuk lantai (coating lantai), merupakan bahan yang digunakan industri untuk melapisi lantai beton guna memberikan perlindungan terhadap sifat korosif dari cairan kimia, bahaya licin akibat genangan air maupun plastik di lantai, serta mampu menekan pertumbuhan bakteri, hingga mampu mengurai muatan listrik statik ke ground dengan aman.




Pelapis Lantai Epoxy

Pelapis lantai epoxy (epoxy floor coating) umumnya terbentuk dalam dua bahan yang dicampur sebelum aplikasi. Kedua bahan terdiri dari 1) resin epoxy yang terkait silang dengan 2) ko-reaktan atau pengeras. Pelapis epoxy diformulasikan berdasarkan persyaratan kinerja untuk produk akhir (hasil lapisan). Ketika dikatalisasi dan diterapkan dengan benar, epoxy menghasilkan lapisan yang keras, tahan terhadap cairan kimia. Pelapis epoxy biasanya digunakan pada beton dan baja untuk memberikan ketahanan terhadap air, alkali dan asam.




Jenis Epoxy Lantai

Terdapat sekurangnya 30 jenis epoxy lantai dan sistem lantai yang pernah diciptakan, berikut ini beberapa diantaranya yang paling populer:


Epoxy Lantai Self-leveling

Epoxy lantai Self-leveling dapat diterapkan di atas lantai beton baru, tua, retak, atau rusak untuk menciptakan permukaan lantai yang halus, mulus, dan tahan lama. Sistem self-leveling juga tersedia dalam berbagai warna. Warna digunakan untuk membuat desain dekoratif, menunjukkan pola lalu lintas (line marking), atau menyorot zona kerja dalam pengaturan industri. Sistem ini digunakan ketika Anda membutuhkan daya tarik estetika, ketahanan terhadap panas, kimia, atau slip.

  • Dimana biasanya epoxy lantai Self-leveling diaplikasikan: fasilitas manufaktur, gudang, ruang pamer, garasi komersial, dapur, hanggar pesawat, fasilitas atletik, dan banyak lagi.

Epoxy Lantai Mortar

Epoxy lantai Mortar, ini adalah sistem lantai epoxy terkuat yang ada. Sistem lantai yang tebal dan mulus ini dibuat dengan 100% padatan epoxy dan pasir bergradasi atau pasir kuarsa dan kemudian diaplikasi. Epoxy mortar sangat kuat dan tahan terhadap bahan kimia. Sistem ini juga efektif dalam memperbaiki lantai lama karena lapisannya yang tebal.

  • Dimana biasanya epoxy lantai Mortar diaplikasikan: pabrik, ruang mekanik, gudang, dapur komersial, restoran, garasi, dan area layanan di mana alat berat, seperti forklift, akan digunakan.

Epoxy Lantai Kuarsa

Epoxy lantai Kuarsa merupakan sistem lantai epoxy yang menggabungkan resin polimer epoxy kinerja tinggi dengan butiran pasir kuarsa berwarna. Hasilnya adalah lantai multi-fungsi yang dekoratif, bersih, tahan slip, dan sangat tahan lama.

  • Dimana biasanya epoxy lantai Kuarsa diaplikasikan: ruang ganti, toilet, sekolah, kafetaria, ruang pamer, manufaktur ringan, lobi, kantor, dan banyak lagi.

Epoxy Lantai Anti Statik

Epoxy lantai Anti-statik (Lantai Anti ESD). Beban elektro-statis (ESD) dapat sangat berbahaya di banyak lingkungan kerja. Epoxy lantai Anti-statik membantu mengurangi bahaya statis. Sistem lantai ini biasanya berisi bahan konduktif yang mengakumulasi listrik statis untuk mengalirkan, menggiling, atau membuang potensi pembuangan. Ini sangat dianjurkan di lingkungan yang mengandung bahan yang mudah terbakar.

  • Dimana biasanya epoxy lantai Anti-statik diaplikasikan: fasilitas layanan kesehatan, fasilitas manufaktur elektronik, kimia atau farmasi; area yang menggunakan gas atau cairan yang mudah terbakar atau risiko penumpukan debu yang mudah terbakar.



Aplikasi Epoxy Lantai




Tingkat keberhasilan dan umur panjang dari sistem lantai sangat bergantung pada kondisi lantai dan persiapan permukaan yang berlaku. Substrat beton yang sehat, bersih, dan kering sangat penting untuk memastikan ikatan maksimum antara sistem lantai dan substrat. Permukaan beton baru harus berumur minimal 20 hari, bebas dari senyawa pengawet dan sealer, bebas dari pelepasan uap air dan memiliki kadar air kurang dari 5% sebelum aplikasi primer.

Permukaan beton tua idealnya harus bebas dari kelembaban dan meningkatnya kelembaban, kontaminasi minyak yang dalam dan lapisan termoplastik. Untuk menghilangkan kotoran Berminyak pada lantai yang diperlukan pembersihan kimia / pelarut atau pembersihan nyala dilakukan untuk permukaan bebas dari minyak yang cocok untuk aplikasi lapisan primer tetapi inspeksi harus dilakukan untuk lantai berminyak seperti itu sebelum rekomendasi dan aplikasi sistem cat.

Lapisan Primer: Pastikan permukaannya bebas dari debu, pasir dan kering yang cocok untuk aplikasi lapisan pertama mantel Epoxy Primer di atas lantai yang disiapkan dan kemudian biarkan hingga kering.

Lapisan Screed / Body Coat: Setelah lapisan primer kering, lapisan selanjutnya diisi lapisan screed atu body coat. Body coat ini diperlukan untuk menutup permukaan yang mungkin tidak rata karena lapisan primer yang tipis belum sempurna menutup permukaan substrat.

Soft Grinding: Diperlukan proses Grinding yang Lembut sebelum melapis self-leveling yang halus dan untuk menghilangkan material lapisan Screed yang longgar untuk menyelesaikan top coat dengan lebih baik.

Top Coat: Setelah lantai melalui proses soft grinding dan dibersihkan (bebas dari debu yang dihasilkan selama proses grinding), barulah lapisan atas / top coat diaplikasi, dan kemudian dibiarkan kering selama minimum 24 jam.







Perawatan Lantai

Perawatan lantai, diperlukan untuk segala jenis sistem lantai, termasuk lantai epoxy, agar membuat permukaan tetap bersih. Secara prosedur perawatan dan pembersihan lantai epoxy sama seperti lantai pada umumnya. Langkah-langkah berikut akan memastikan kinerja yang lebih baik dan umur yang lebih lama dari lantai epoxy.

  • Hindari stagnasi air, segera lap hingga kering jika terdapat tumpahan air
  • Hindari tumpahan bahan kimia dan pelarut, jika tumpah, segera lap hingga kering
  • Hindari tumpahan minyak, jika tumpah, segera lap hingga kering
  • Jangan seret benda
  • Hindari benturan yang berlebihan
  • Jangan jatuhkan benda tajam
  • Jangan menerapkan titik beban di permukaan
  • Jangan gunakan troli dengan roda baja / besi
  • Jangan memanaskan permukaan lantai atau melakukan "pekerjaan panas" seperti pengelasan
  • Gunakan sepatu bersol karet yang bersih dari kotoran
  • Bersihkan dua kali sehari
  • Gunakan deterjen ringan dan cuci bersih dengan air
  • Bersihkan lantai kering dan pastikan benar-benar kering sebelum dipijak



Product Data Sheets - Industrial Specialty Paintings

Please contact us for stock and availability.


Butuh Bantuan?
Chat WA 0813-8454-8451